Rem Tangan Juga Haram Dipakai saat Macet di Tanjakan

Rem tangan
Sumber :
  • Carthrottle

VIVA – Saat mobil berada di jalanan macet, pengemudi cenderung menggunakan rem tangan atau rem parkir. Padahal, cara tersebut kurang tepat, lantaran rem tangan hanya difungsikan untuk menahan mobil saat parkir.

Viral Mobil Jalan Sendiri Bikin Panik Warga

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana jika macet terjadi di jalan menanjak?

Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana mengatakan, rem tangan bisa diaktifkan untuk mencegah mobil mundur saat tarikan awal di tanjakan.

Mantan Dirut PO Haryanto, Rian Mahendra Menentang Sopir Bus Kecelakaan Guci Tegal Jadi Tersangka

"Kalau di tanjakan kita enggak bisa sesuaikan gas dan kopling, ya boleh saja minta bantuan parking brake. Tetapi, lain kali harus coba hanya dengan service brake (rem kaki) saja," kata Sony dalam acara Suzuki Safety Driving Course 2018 di Sentul, Rabu 28 Maret 2018.

Rem tangan, kata Sony, hanya untuk membantu menahan mobil agar tidak turun. Sebisa mungkin, pengemudi berlatih hanya mengandalkan rem kaki saat macet di jalan menanjak maupun rata.

Mobil Jarang Digunakan, Ini Efek Buruknya Jika Rem Tangan Aktif

Untuk pengguna mobil transmisi otomatis, kata dia, jika dalam kondisi menanjak mobil berhenti lebih dari 10 detik, sebaiknya tuas transmisi di posiskan di netral, dan gerak mobil tetap harus ditahan menggunakan rem kaki.

"Kalau berhenti di tanjakan lebih dari 10 detik, sebaiknya posisi tuas transmisi otomatis dipindahkan ke N. Kemudian, rem kaki diinjak. Buat saya, enggak ada alasan capek, karena kita memutuskan untuk mengemudi. Maka, sudah harus bertanggung jawab atas kendaraan serta keselamatan seluruh penumpang," tuturnya.

Rem tangan

Hati-Hati Rem Tangan Tersangkut Saat Mobil Ditinggal Lama

Bagi para pemilik mobil, pernahkah Anda meninggalkan mobil untuk waktu lama, misalnya saat berlibur ke luar negeri? Jika iya, ada baiknya Anda memperhatikan kondisi rem t

img_title
VIVA.co.id
5 Januari 2024