Cegah Mobil Terbakar, Baiknya Lakukan Cara Ini

Ilustrasi mobil terbakar.
Sumber :
  • Raden Jihad Akbar.

VIVA – Mobil terbakar di jalan raya sering terjadi beberapa waktu terakhir. Api yang menyala bahkan bisa melumat habis seluruh bagian mobil mulai dari eksterior, interior, hingga mesin.

Terkuak, Kaki AKP Novandi Patah Terjepit Dashboard Camry

Melihat kondisi ini, Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, sebaiknya pemilik mobil menyediakan alat pemadam api ringan di kabin.

"Mobil yang tidak biasa di Indonesia itu yang ada APAR-nya. Padahal, itu penting sekali, bukan hanya buat kita tetapi saat mau minta tolong orang dalam kondisi tertentu," kata Sony di Bogor, Jawa Barat, Jumat, 30 Maret 2018.

Camry Terbakar di Senen yang Ditumpangi AKP Novandi Milik Fatimah

Ia juga mengatakan terbakarnya mobil bisa terjadi karena beragam penyebab. Paling sering adalah konsleting arus listrik di mobil, atau saat mobil mengalami kecelakaan, kemudian ada percikan api yang menyambar bahan bakar.

Saat mengalami kondisi mobil terbakar, kata Sony, hal yang paling pertama dilakukan adalah menjauh dari mobil. Langkah tersebut diambil untuk menghindari adanya korban jiwa.

Ungkap Mobil Terbakar yang Tewaskan AKP Novandi Bersama Wanita

"Kalau mobil tidak ada APAR, paling pertama dilakukan adalah menjauh dari mobil yang terbakar. Kemudian, cari tempat aman dan pengemudi harus memastikan semua penumpang sudah keluar semua dengan aman," kata dia.

Mobil Daihatsu Ayla terbakar di Tanah Baru, Depok

Mobil Daihatsu Ayla Terbakar di Tanjakan Depok, Pengemudi Selamat

Mobil Daihatsu Ayla merah tiba-tiba mengeluarkan asap dari bagian dashboardnya saat melintasi tanjakan jalan Raya Curug Agung, Beji Depok. Mobil terbakar

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2022