Cara Pilih Helm Agar Nyaman di Kepala, Ukur Pakai Dua Jari

Helm Arai.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA – Jika bicara perangkat keselamatan berkendara, helm menjadi yang paling utama. Sebab, alat ini memiliki fungsi penting untuk melindungi kepala saat terjadi kecelakaan ataupun benturan.

Pakai Helm Motor Suka Pusing Kepala? Mungkin Ini Penyebabnya

Brand Ambassador Cargloss Group, Erick Saputra mengatakan, meningat fungsinya yang vital, maka memilih helm pun tidak bisa dilakukan secara asal-asalan.

"Untuk harian, milih helm mengukurnya pakai dua jari masuk antara celah helm dan muka. Jangan sampai bisa masuk lebih dari dua jari," kata Erick di Jakarta, Jumat, 30 Maret 2018.

Helm Pintar Sena Dijual Mulai Rp9 Jutaan, Memang Sepintar Apa?

Selain itu, teknik memilih helm yang biasa dilakukan pembalap juga bisa diterapkan oleh bikers, yakni dengan memakai helm kemudian menggerakan kepala.

Helm Arai.

Cara Merawat dan Cuci Helm Motor yang Benar, Mudak Kok

"Kalau buat balap sebenarnya pemilihan helm gampang, saat kepala bergerak helm harus ikut, tidak boleh ketinggalan. Kan, ada tuh, sudah pakai helm, tetapi kepala masih bisa tengok kiri dan kanan, sementara helmnya diam, itu enggak boleh," ujarnya.

Untuk helm premium seperti merek Arai, kata Erick, helm bisa disesuaikan dengan bentuk kepala pemilik. Hal tersebut lantaran bentuk kepala setiap orang berbeda.

"Untuk helm merek Arai memang sudah ada alatnya khusus untuk menyesuaikan bentuk kepala. Jadi yang ditambah itu busanya, sehingga saat dipakai di kepala benar-benar nyaman," kata Erick.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya