Cara Mudah Merawat Helm, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Helm Arai.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA – Helm merupakan piranti wajib bagi pengguna sepeda motor. Bagi sebagian orang, helm bukan hanya alat untuk melindungi kepala, tetapi juga menjadi barang koleksi.

Helm Pintar Sena Dijual Mulai Rp9 Jutaan, Memang Sepintar Apa?

Ya, bikers terkadang memiliki lebih dari satu helm agar bisa memilih sesuai dengan keinginannya. Namun, kata Brand Ambassador Cargloss Group, Erick Saputra, banyak yang kurang paham mengenai perawatan helm.

"Perawatan helm sebenarnya enggak ada yang khusus, ya. Sering cuci aja biar bersih, kemudian nyimpennya yang benar," kata Erick di Jakarta, Jumat, 30 Maret 2018.

Cara Merawat dan Cuci Helm Motor yang Benar, Mudak Kok

Soal peletakan helm, kata Erick, juga harus menjadi perhatian para bikers, terutama untuk yang memiliki lebih dari satu helm. 

Saat helm tidak digunakan, kata dia, sebaiknya semua busa di dalamnya dilepas. Kemudian, simpan helm di dalam suhu ruangan. Artinya, tidak boleh terlalu panas, tapi juga bukan berarti bisa di suhu dingin.

Helm Jadul Bawaan Diler Dijual Jutaan Rupiah

"Untuk meletakkannya sebaiknya jangan simpan di suhu yang lembab. Kalau dimasukkan ke tas, lalu taruh silica gel. Kalau parkir motor sebaiknya helm dibawa," paparnya. (ren)

Ilustrasi helm motor

Pakai Helm Motor Suka Pusing Kepala? Mungkin Ini Penyebabnya

Helm motor dengan status SNI wajib digunakan oleh pengendara, dan agar nyaman maka ukuran helm harus sesuai dengan lingkar kepala.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2022