Bahaya yang Jarang Diketahui jika Mobil Kena Tetesan Air

Ilustrasi mencuci mobil
Sumber :
  • Daihatsu.co.id

VIVA – Terkadang kita melihat ada mobil yang baru dipakai setahun, namun warnanya tampak lebih kusam dibandingkan mobil lain yang sudah dipakai lebih dari dua tahun.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Penyebabnya beragam, dan terkadang tak disadari para pemiliknya. Seperti dikutip situs resmi Nissan, Senin 2 April 2018, penyebab pertama biasanya adalah sering terpapar sinar ultraviolet secara berlebihan.

Maka itu, sebaiknya usahakan parkir di tempat teduh atau sedia sarung mobil bila tidak ada tempat parkir yang teduh. Selain itu, saat mencuci mobil lakukan di pagi atau sore hari ketika sinar Matahari tidak terlalu terik seperti di siang hari.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Penyebab kedua adalah, sering terkena tetesan air. Bila Anda hendak memarkir kendaraan dalam jangka waktu lama, pastikan tempat tersebut bebas dari tetesan air. Tetesan air dapat meninggalkan noda di bodi mobil, sehingga tidak bagus dipandang mata.

Penyebab ketiga, mobil jarang dicuci. Rutinitas mencuci mobil diperlukan agar mencegah kotoran menempel terlalu lama.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Lakukan rutinitas mencuci mobil minimal sepekan sekali. Selain itu, ada hal lain yang patut diperhatikan, yakni segera cuci mobil Anda jika melewati genangan air atau jalan berlumpur, dan terkena pasir pantai.

Penyebab keempat, acap gunakan sabun atau sampo secara asal. Sebenarnya jangan asal menggunakan sampo untuk mencuci mobil, karena sangat berpengaruh terhadap kondisi cat mobil pada waktu jangka panjang. Gunakan sampo yang ber-pH balanced dan tidak mengandung detergen dan bersifat asam serta menimbulkan korosi.

Penyebab terakhir, penyebab cat kusam biasanya karena mengelap mobil bukan dengan lap lembut. Pastikan kain atau lap yang digunakan lembut, dan dalam keadaan bersih saat digunakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya