Cara Mudah Hindari Baret di Kaca Depan Mobil

Mengemudi mobil di tengah hujan. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Carthrottle

VIVA – Saat hujan turun, intensitasnya tidak selalu deras. Terkadang hanya rintik-tintik. Meski demikian, hal itu tetap mengganggu pandangan pengemudi mobil.

Pemilik Honda Jazz Ini Bikin Ngakak Orang Lain di Jalan Raya

Biasanya, jari pengemudi langsung tergerak untuk menghidupkan wiper atau penghapus kaca. Dengan harapan, sapuan wiper dapat kembali menjernihkan kaca depan yang terkena air hujan.

Padahal, ada risiko cukup serius jika langsung menghidupkan wiper saat hujan tidak terlalu deras. Baret-baret atau munculnya goresan kecil di kaca depan, misalnya.

Cara Bikin Wiper Mobil Awet Meski Sering Dijemur di Parkiran

Sebab, banyak kotoran keras dan kecil yang tak tampak oleh mata, tetapi menempel di kaca depan. Kotoran seperti inilah yang berpotensi menggores permukaan kaca. Potensi tergores atau baret menjadi semakin besar, ketika kaca depan kurang licin.

Semprotan air wiper.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Selain itu, ada kondisi yang perlu diwaspadai, yakni curahan air tidak datang dari atas, tetapi dari genangan. Cipratan air dari kendaraan lain terkadang membawa kotoran seperti tanah atau kerikil ukuran kecil.

Dilansir dari Astraworld, Jumat 6 April 2018, cara mudah untuk mencegah kaca depan baret saat hal itu terjadi, adalah dengan menyiram kaca terlebih dulu dengan air wiper. Aktifkan mode semprotan air yang tersedia di setiap mobil.

Air akan membantu kaca terhindar dari kotoran yang berpotensi meninggalkan goresan. Setelah tiba di rumah, pastikan Anda mengecek jumlah air yang tersedia di reservoir wiper, agar siap digunakan kembali esok hari. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya