Catat, Empat Hal yang Haram Dilakukan pada Mobil Matik

Transmisi matik.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Mobil jenis matik saat ini banjir peminat. Tua-muda, perempuan-laki-laki, seolah banyak kepincut akan kepraktisan yang ditawarkan pada mobil matik.

Cari Mobil Matik Baru di Bawah Rp150 Juta? Ini Daftarnya

Namun, seringkali mereka lupa memperhatikan hal-hal kecil yang dapat mempengaruhi performa kendaraan mereka. Padahal ada beberapa hal yang haram dilakukan pada mobil matik. Jika itu tetap dilakukan, dipastikan kerusakan akan mudah menyapa.

Seperti dilansir situs resmi Nissan, Jumat 6 April 2018, ada empat yang perlu dihindari pada mobil matik.

Cara Rem Mendadak pada Mobil Matik, Tinggal Tekan...

Pertama, jangan pernah memindahkan transmisi pada posisi netral ketika menuruni jalan. Mungkin Anda mengira konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih irit dengan gunakan transmisi netral saat melewati jalan menurun. Padahal cara seperti itu akan merusak persneling mobil dan pasti ongkos yang dikeluarkan tidak sepadan dengan penghematan bahan bakarnya.

Kedua, jangan pernah memindahkan transmisi secara tiba-tiba. Cara ini acap dilakukan banyak pemilik mobil matik. Sementara memaksa persneling untuk berpindah arah dari maju ke mundur dan sebaliknya tanpa berhenti dulu sama saja mempercepat usia persneling.

Remeh Sih, Tapi Kebiasaan Ini Bikin Mobil Matik Cepat Rusak

Mobil transmisi matik.

Ketiga, jangan pernah menginjak pedal gas dalam-dalam saat netral dan langsung memindah ke transmisi D. Karena menginjak gas dengan dalam saat posisi netral akan membuat mesin mobil menyalurkan tenaga besar. Sementara jika kopling dan persneling langsung dipindahkan, maka kopling akan selip dan hal tersebut akan mempercepat keausannya.

Dianjurkan injaklah rem saat di posisi D kemudian injak gas perlahan agar persneling dan kopling bisa menyalurkan tenaga yang sesuai untuk menjalankan mobil.

Keempat, jangan pernah langsung memindahkan transmisi ke posisi P saat mobil belum berhenti. Saat mobil berhenti dan Anda memindahkan transmisi ke P, akan ada mekanisme pengunci yang mencegah gir berputar untuk menggerakkan roda. Memindahkan ke transmisi P saat mobil belum berhenti sepenuhnya sama saja dengan mengadu mekanisme pengunci dengan gir.

Besi beradu dengan besi dengan kekuatan mesin yang besar, sudah bisa ditebak efeknya seperti apa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya