Jangan Isi Bensin Saat Ada Truk Tangki, Mitos atau Fakta

Truk SPBU kantong yang disiapkan PT Pertamina
Sumber :

VIVA – Ada mitos yang berkembang soal pengisian bahan bakar. Mitos menyebut jangan melakukan pengisian bahan bakar jika truk tangki tengah mengisi stok SPBU. Sebab, kotoran di dasar tangki SPBU dikhawatirkan bakal ikut masuk ke tangki kendaraan kita.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Menanggapi hal tersebut, PT Pertamina selaku Badan Usaha Milik Negara menegaskan itu hanyalah mitos belaka.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina, Adiatma Sardjito, mengatakan, pihaknya menjamin tak bakal ada kotoran yang masuk ke tangki kendaraan konsumen jika tangki SPBU tengah diisi. Sebab, kata dia, tempat penyimpanan bahan bakar di SPBU dipastikan bersih.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Untuk cleaning tangki (penyimpanan BBM di SPBU) ada prosedur dan waktunya. Semua ada prosedur keamanannya," ujar Adiatma kepada VIVA, Kamis, 12 April 2018.

Selama ini banyak orang beranggapan dasar permukaan tangki SPBU pasti terdapat kotoran. Maka ketika diisi bahan bakar oleh truk tangki, otomatis kotoran yang mengendap akan teraduk alias naik dan ikut masuk ke tangki saat proses pengisian melalui nozzle.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Adiatma pun memastikan anggapan itu tak benar. "Kalau merugikan konsumen atau membahayakan pasti dilarang," katanya lagi.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022