Roda Mobil Bunyi saat Belok, Ini Penyebabnya

Komponen kaki-kaki mobil.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA – Suku cadang pada kendaraan yang usianya lebih dari tiga tahun, pasti akan memasuki masa usia pakai maksimal. Sebaiknya, sesegera mungkin untuk diperiksa, agar tetap bisa digunakan dengan aman dan nyaman.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Dilansir dari Astraworld, Minggu 6 Mei 2018, salah satu komponen yang perlu dicek adalah kaki-kaki pada mobil dengan penggerak roda depan. Sebab, komponen ini sangat penting untuk keselamatan saat mengemudi.

Kerusakan yang umum dialami kaki-kaki depan mobil adalah munculnya bunyi, terutama saat berbelok. Ada dua suara yang umum muncul, yakni ketukan dan dengung.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Bila muncul bunyi ketukan yang mengganggu, pemilik wajib segera memeriksa karet pelindung as roda. Meski dibuat dari bahan yang cukup awet, namun kekuatannya akan berkurang drastis jika sering melewati jalan rusak.

 ball joint pada kaki-kaki mobil.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Karet dapat sobek atau bergeser dari tempatnya. Jika ini terjadi, maka kotoran akan masuk ke dalam constant velocity joint atau CV Joint, yang berfungsi sebagai penerus tenaga mesin ke roda.

Kotoran akan mengakibatkan komponen tersebut terganggu kinerjanya dan menimbulkan bunyi. Jika memang kondisinya sudah parah, segera lakukan pergantian.

Sementara itu, bunyi berdengung muncul jika kotoran sudah masuk ke dalam bearing roda. Bunyi ini muncul saat mobil dipacu dalam kecepatan sedang, dan akan hilang jika kecepatannya berkurang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya