Jangan Kaget, Hanya Selebar Ini Ban Menempel di Aspal

Ilustrasi ban mobil.
Sumber :
  • Pixabay/Mikesphotos

VIVA – Ban menjadi bagian terpenting dari mobil. Meski jenis mobil yang diproduksi beragam, namun semuanya tetap membutuhkan karet bundar itu untuk bisa bergerak mulus di jalan.

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

Assistant Director PT Bridgestone Tire Indonesia, Frankie Paduli, mengatakan, apapun jenis mobil yang dimiliki masyarakat, jika diperhatikan, ban mobil yang menapak hanya sebesar telapak tangan.

"Yang menyentuh di permukaan jalanan itu hanya sebesar telapak tangan. Jadi, bayangkan Anda berada dalam kabin mobil apapun, tetap hanya ditopang empat titik ban," kata Frankie di Karawang, Jawa Barat, Selasa 8 Mei 2018.

Arti Penulisan Kode di Ban Mobil, Mulai Tanggal Prodiksi hingga Cara Bacanya

Oleh karena itu, ungkapnya, edukasi tentang ban itu sangat penting. Mengingat, ban menjadi penopang utama mobil saat berkendara di jalan raya.

Ilustrasi ban mobil kempis.

Viral Ban Mobil RI 1 Bocor di Grobogan, Jokowi Menunggu di Pinggir Jalan

"Tekanan angin pada ban itu sangat penting, karena bisa dibayangkan yang menempel tidak banyak," tuturnya.

Berdasarkan buku kampanye Tire Safety Bridgestone, salah satu cara membuat ban tetap nyaman dan aman dikendarai adalah dengan mengecek kondisi fisik dan tekanan anginnya. 

Untuk tekanan angin, dianjurkan dicek dalam kurun waktu dua pekan sekali, atau paling lama satu bulan sekali dalam kondisi dingin. Tekanan angin yang pas bisa dilihat pada stiker yang ditempel pada sisi pintu pengemudi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya