Garis Warna pada Ban Baru, Apa Sih Fungsinya?

Garis warna pada ban
Sumber :
  • VIVA/Pius Yosep Mali

VIVA – Beragam ukuran dan merek ban dijual untuk pemilik kendaraan. Saat memutuskan untuk mengganti ban baru, selain kembang atau alur yang tebal, juga terlihat garis pada alur ban.

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

Garis pada ban baru biasanya memiliki beragam warna mulai dari putih, merah, kuning, oranye, biru, dan hijau. Garis tersebut berada di alur ban baru.

Training & Product Evaluation Dept. Manager PT Bridgestone Tire Indonesia, Deni Arief Pribadi mengatakan, garis tersebut dibuat untuk memudahkan saat ban berada masih di gudang penyimpanan.

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

"Di dalam gudang ban itu ditumpuk, semua warnanya hitam. Nah itu untuk membedakan ukurannya, jadi gampang tinggal melihat warna itu saja, sudah langsung tahu ukurannya," kata Deni, Sabtu 12 Mei 2018.

Apakah warna-warna tersebut berpengaruh pada performa ban baru, Deni menjelaskan, warna dirancang hanya untuk pembeda ukuran ban. 

Agar Vespa Matic Aman saat Ditinggal Lama Mudik, Lakukan 7 Hal Ini

"Garis warna itu tidak ada pengaruhnya ke spesifikasi atau performa ban. Cuma untuk membedakan ukurannya," kata Deni.

VIVA Otomotif: Ilustrasi ban mobil

Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

Viral di media sosial seorang pemilik mobil yang curhat karena merasa kena harga yang sangamahal saat mengganti ban mobil di salah satu bengkel di kawasan Puncak, Bogor.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024