Manfaat Buka Kaca Dulu Sebelum Nyalakan AC Mobil

Ilustrasi menyalakan AC mobil.
Sumber :
  • Driving.ca

VIVA – Penyejuk udara (AC) merupakan fitur penting pada sebuah mobil, karena memberi kenyamanan berkendara. Karena selalu digunakan, sudah selayaknya perangkat ini dirawat dengan baik agar bekerja maksimal dan komponennya lebih awet.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Sebagai pengguna, Anda pun dapat melakukan langkah-langkah sederhana untuk merawat AC mobil. Apa saja? Berikut seperti dilansir AstraWorld, Rabu, 16 Mei 2018:

Pertama, jaga kebersihan karpet atau lantai mobil. Kebersihan lantai mobil menjadikan udara di dalam kabin mobil juga ikut bersih. Dengan demikian filter AC tidak bekerja terlalu keras untuk menyaring debu dan kotoran, dan juga tidak cepat kotor.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Kedua, sempatkan membuka kaca sebelum menyalakan AC dan gunakan putaran blower tertinggi. Tujuannya, agar uap panas di dalam kabin cepat keluar dan berganti. Sehingga AC bekerja secara maksimum serta mempercepat proses pendinginan kabin.

Ketiga, ketika berhenti saat menempuh perjalanan jauh, matikan mesin dan AC serta buka kaca jendela untuk beberapa saat. Tujuannya untuk mengistirahatkan AC dan agar udara di dalam kabin bersirkulasi, sehingga kadar oksigen di dalam kabin menjadi maksimal.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Keempat, bersihkan kondensor AC dengan semprotan air. Lakukan langkah ini ketika mencuci mobil dengan air bertekanan. Arahkan semprotan air ke kondensor AC, yang posisinya tepat di balik grill depan. Kondensor yang bersih menjadikan hembusan udara dari AC akan lebih cepat dingin. (hd)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022