4 Cara Bikin Mulus Dasbor Mobil yang Retak-retak

Contoh retak pada dasbor mobil.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA – Perawatan mobil tak selalu soal mesin. Bagian interior juga membutuhkan perhatian dari penggunanya. Salah satu yang kerap dilupakan adalah dasbor kendaraan. 

Dashcam Mobil Berubah Menjadi Senjata Makan Tuan

Selain berfungsi sebagai panel berbagai sakelar dan indikator, dasbor juga merupakan batasan fisik antara penumpang dengan pemandangan di luar kaca mobil bagian depan. 

Dasbor menjadi bagian yang sering terkena sinar matahari langsung. Sehingga, kondisinya bisa berubah menjadi kusam dan retak seiring bertambahnya usia kendaraan. 

Tips Memperbaiki Permukaan Dasbor Mobil yang Kusam

Dilansir dari laman resmi Nissan Indonesia, Selasa 22 Mei 2018, hal tersebut biasanya terjadi pada dasbor yang terbuat dari material plastik, dan pada mobil yang berusia di atas usia lima tahun.

Namun, Anda tak perlu panik. Ada beberapa langkah yang bisa ditempuh jika menemukan dasbor mobil retak-retak. Pertama, gunakan cairan pengisi khusus bagian tersebut.

Perhatikan Cara ini Dalam Merawat Dasbor Mobil untuk Pemula

Proses reparasi dasbor mobil.

Cairan yang dimaksud memiliki beragam warna. Dan biasanya bisa ditemukan di bengkel dan toko variasi otomotif. Kedua, bisa mengaplikasikan pelapis dasbor. 

Pelapis tersebut dapat menjadi solusi untuk mengatasi dasbor mobil yang retak. Namun, dalam penggunaannya dianjurkan untuk berhati-hati, agar tidak menutupi bagian airbag yang berfungsi sebagai penyelamat pengemudi dan penumpang.

Ketiga, pemilik juga bisa merawat dasbor dengan cairan pembersih khusus. Cairan lotion bisa digunakan sebagai alternatif. Hindari cairan yang mengandung silikon, agar warna dasbor tidak berubah. 

Terakhir, bisa dengan mengganti perangkat tersebut ke bengkel. Meski membutuhkan kocek cukup besar, namun langkah ini bisa meningkatkan kepuasan bagi pemilik mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya