Skutik Buat Harian Bebas Mogok, Belum Tentu Bisa Buat Mudik

Ilustrasi motor matik.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadillah

VIVA – Libur Lebaran banyak dimanfaatkan warga DKI Jakarta untuk berkumpul bersama sanak saudara di kampung halaman. Selain angkutan umum dan mobil, sarana transportasi lain yang umum digunakan adalah sepeda motor.

IDAI Tak Anjurkan Orang Tua Ajak Bayi Mudik Pakai Sepeda Motor, Ini Bahayanya

Saat ini, populasi motor jenis skuter matik adalah yang terbanyak dibandingkan model lainnya. Hal itu tentu tidak terlepas dari mudahnya sistem pengoperasian. Wajar bila motor jenis ini pula yang banyak dipakai untuk mudik.

Namun, satu hal yang kerap dilupakan pemudik ialah memeriksa kondisi motor. Banyak yang beranggapan, bila motor yang mereka gunakan sehari-hari bebas masalah, maka juga aman digunakan untuk menempuh jarak jauh.

Pengguna Motor Matik Wajib Lakukan Perawatan CVT seperti Ini

Technical Training Roda Dua PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Dadan Danil mengatakan, ada beberapa komponen wajib pada skutik yang harus diperiksa, sebelum menempuh perjalanan jauh.

Motor matik

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

"Untuk motor matik, komponen yang perlu dicek atau ganti ialah kampas rem depan dan belakang. Lalu, oli mesin dan saringannya harus diganti," katanya saat dihubungi VIVA,  Selasa 22 Mei 2018.

Selain itu,  Dadan juga menyarankan untuk melihat kondisi lampu utama, sein dan belakang, apakah berfungsi optimal. Tak kalah penting cek kondisi, V-belt, untuk menghindari motor mogok saat mudik. 

"Perlu juga mengecek kondisi roller, apakah perlu diganti atau tidak.  Kampas kopling juga perlu dilihat kondisinya," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya