Trik Bedakan Helm Mahal dan Murah Pakai Uang Kertas

Helm Arai.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA – Helm merupakan salah satu kelengkapan safety gear yang penting saat berkendara sepeda motor. Di pasaran, helm sendiri dipasarkan dalam model beragam, ada yang mahal dan murah.

Helm Pintar Sena Dijual Mulai Rp9 Jutaan, Memang Sepintar Apa?

Ternyata ada cara cukup unik yang bisa digunakan untuk mengetahui seberapa bagus kualitas sebuah helm. Ya, ternyata bisa hanya dengan menggunakan uang kertas.

Brand Techcinal DeRide, Irwansyah mengatakan, uang kertas bisa jadi media untuk membuktikan kualitas sebuah helm.

Cara Merawat dan Cuci Helm Motor yang Benar, Mudak Kok

Visor-nya (kaca helm) digesek pakai uang kertas, kalau helm yang belum hard coat biasanya akan baret halus setelah digesek uang kertas. Biasanya pada helm lokal banyak yang belum hard coat, agar harga jualnya bisa lebih murah yang biasa dijual Rp200 ribuan,” ujarnya kepada VIVA, Kamis, 24 Mei 2018.

Menurutnya, penggunaan uang kertas memang cara yang paling mudah untuk sekadar mengetahui kualitas visor helm tersebut. Maka ia pun tak heran jika helm yang sudah hard coat dibanderol dengan harga mahal.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

“Fungsi visor yang sudah di-hard coat itu tidak mudah baret, misalnya terkena benda yang keras atau pada saat membersihkan dengan lap tetapi kondisi visor masih ada debu atau kotoran. Selain itu fungsi hard coat agar warna visor tidak berubah, biasanya kalau hanya sekadar clear coat warna visor akan cepat menguning,” tuturnya. (ren)

Ilustrasi helm motor

Pakai Helm Motor Suka Pusing Kepala? Mungkin Ini Penyebabnya

Helm motor dengan status SNI wajib digunakan oleh pengendara, dan agar nyaman maka ukuran helm harus sesuai dengan lingkar kepala.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2022