Cara Rawat Motor yang Mau Ditinggal Mudik, Biar Awet

Kunci kontak motor.
Sumber :
  • Honda

VIVA – Mudik merupakan aktivitas rutin yang dilakukan masyarakat Indonesia. Kegiatan itu biasanya berlangsung lumayan lama, lebih dari satu hari.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Lantaran ditinggal pergi tentu saja ada beberapa hal yang patut diperhatikan, seperti pada sepeda motor. Ini penting agar ketika digunakan kembali motor tak mengalami masalah.

Menurut Zainal, penggawa bengkel Eka Jaya Motor, di kawasan Jakarta Barat, ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan saat hendak meninggalkan sepeda motor dengan jangka waktu cukup lama.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Pertama, usahakan motor ditinggal dengan keadaan bersih dan kering. Karena motor dapat terhindar dari korosi atau karat selama ditinggal mudik," kata Zainal kepada VIVA, Senin, 4 Juni 2018.

Hal kedua yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah mencabut arus aki motor. Katanya, ini perlu dilakukan agar aki tak soak.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Lalu isi bensin dalam kondisi penuh atau fulltank, atau menguras tangki sampai benar-benar kosong dan bersih. Ini untuk menghindari terjadinya karat pada karena proses penguapan bensin saat ditinggal cukup lama," lanjutnya.

Langkah berikutnya yakni menggunakan standar ganda, serta memberi alas pada ban agar tidak menempel langsung ke lantai untuk menghindari ban kempis atau bocor.

"Harus diperhatikan benar itu, kalau salah-salah nanti malah sulit sendiri karena motor mungkin sulit menyala atau buruknya bisa saja mengalami kerusakan," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya