Ini Cara Packing Barang yang Aman di Mobil

Ilustrasi mobil bawa banyak barang
Sumber :
  • Dok: Chevrolet

VIVA – Mudik sudah menjadi ritual tahunan masyarakat Indonesia. Berbagai moda transportasi digunakan untuk sampai ke kampung halaman, salah satunya mobil pribadi. 

4 Tips Packing untuk Traveling, Bikin Lebih Ringan 

Pemeriksaan fisik kendaraan perlu dilakukan guna meminimalisir risiko yang bakal terjadi selama perjalanan. Namun, penataan atau peletakkan barang bawaan juga tetap diperhatikan demi keamanan dan keselamatan.

Berdasarkan catatan dari Chevrolet, Kamis 7 Juni 2018, setidaknya ada delapan cara packing yang harus dilakukan pemudik yang menggunakan mobil pribadi. Khususnya jenis sport utility vehicle.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Pertama, perhitungkan dengan cermat. Meski SUV memiliki ruang lebih untuk menyimpan barang, sebaiknya jangan memenuhi ruang kendaraan dari dasar ke langit-langit mobil. Jangan lupa hitung juga beban kendaraan. 

Ilustrasi bagasi mobil penuh barang

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Jika dalam satu mobil terdapat dua orang dewasa dengan berat beban 60 kilogram dan dua anak dengan berat beban di bawah 40 kilogram, maka Anda harus mengurangi kapasitas beban Anda dengan berat gabungan hingga 200 kilogram.

Kedua, bobot menentukan posisi. Letakkan barang bawaan paling berat di bagasi dan letakkan di lantai. Hal ini penting untuk membantu menjaga keseimbangan kendaraan, sehingga mengurangi potensi kendaraan terbalik. 

Mengatur posisi barang bawaan berdasarkan bobotnya, juga membantu mengurangi potensi dampak buruk, akibat beban kargo seperti kelebihan beban di bagian belakang, dapat menggeser bobot dari roda depan, sehingga mempengaruhi kemudi dan pengereman.

Selanjutnya, untuk mengurangi potensi bahaya ketika terpaksa melakukan pengereman mendadak, maka barang- barang kecil harus dikemas lebih rapih atau dimasukkan ke dalam kotak penyimpanan, untuk barang yang lebih besar sebaiknya diikat agar lebih aman. 

Keempat, hindari menumpuk muatan hingga ke atap, untuk mempertahankan jarak pandang optimal. Hal ini akan menyulitkan saat mengemudi dan menjadi resiko yang cukup besar saat harus melakukan manuver mundur. 

Kemudian, pasang roof rack dengan rel silang untuk menjaga barang bawaan. Perhatikan perangkat tambahan yang dirancang dengan aman, aerodinamis dan tahan air. Hindari memuat barang-barang berukuran besar, berat dan tidak terpasang secara cermat.

Roofbox Whale.
 
Keenam, jangan lupa siapkan selalu perlengkapan darurat selama perjalanan termasuk kabel accu dan ban cadangan. Ketujuh, pastikan tekanan ban dalam kondisi sempurna. 

Tips terakhir, jangan mengambil risiko dengan membebani kendaraan Anda. Jika barang bawaan Anda terlihat berlebihan, temukan cara untuk meringankan beban kendaraan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya