Menhub: Mudikkan Orang dan Motor, Biar Bahagia dan Selamat

AHM melepas pemudik tujuan Jawa Tengah dan Yogyakarta
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – 2.625 Pemudik dari Jakarta tujuan Jawa Tengah, yakni Semarang, Solo dan Yogyakarta diberangkatkan PT Astra Honda Motor (AHM) lewat progam tahunannya Mudik Balik Bareng Honda (MBBH). Ribuan pemudik itu dilepas langsung oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Asyik, Beli Honda CB150X Dapat Promo Menarik

Bukan hanya orangnya saja yang ke kampung halaman, namun motor pemudik juga ikut mudik menggunakan truk yang sudah dilengkapi GPS tracking. Ada 1.070 motor, 287 motor tujuan Semarang dengan 704 orang, Yogyakarta 592 motor dengan 1.452 orang, dan Solo 191 motor ada 469 pemudik.

“Tidak lupa kami juga ikut memudikkan motornya, karena seperti yang disampaikan Korlantas, kami ingin membahagiakan tapi tidak lupa memberikan keselamatan kita semua. Kami tahu angka kecelakaan jika menggunakan motor jarak jauh itu sangat riskan,” ujar Budi Karya setelah melepas ribuan pemudik dari Sunter, Jakarta Utara, Minggu 10 Juni 2018.

Honda Luncurkan Motor Matik Baru di Indonesia

Menurut Budi, memberangkatkan pemudik dan motornya sekaligus adalah satu sikap yang sangat terpuji dari Astra Honda Motor yang menunjukkan satu kampanye keselamatan. Sebab, motor tidak cocok untuk perjalanan jarak jauh, dan tingkat kecelakaan paling banyak itu dari pemotor ketika mudik.

Sensasi Seru Keliling Lombok Pakai Honda ADV150

Selain itu, pada mudik tahun ini, agen pemegang merek motor Honda itu meluaskan tujuannya dari dua rute yang hanya Semarang dan Yogyakarta, sekarang ada Solo. Tapi masih sama-sama Jawa Tengah, sebab AHM masih perlu perhitungan matang lagi jika perluasan rutenya sampai Jawa Timur.

“Solo ini peminatnya hampir sama seperti daerah Semarang. Kalau sampai Jawa Timur perlu diperhatikan keamanan, kesehatan pengendara jadi satu konsen. Kami juga ada GPS tracking sehingga bisa tahu motor pemudik sampai mana, rasanya sebagian besar motor sudah sampai Semarang atau Yogyakarta,” ujar Direktur Pemasaran PT AHM, Thomas Wijaya.

Sebagai informasi, sebelumnya para pemudik itu sudah mendaftarkan dirinya dengan melampirkan KTP, SIM C, dan STNK motor Honda, dengan membayar Rp150 ribu pemudik berhak mendapat dua kursi asuransi berjalan, layanan kesehatan, konsumsi sebelum keberangkatan dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya