Mobil Mogok Saat Mudik, Lakukan Hal Ini

Ilustrasi mobil
Sumber :
  • viva.co.id/Yasin

VIVA – Rasa panik dan bingung, kerap dialami oleh kebanyakan orang, bila mobil yang dikendarai tiba-tiba mogok di tengah perjalanan menuju kampung halaman.

Penampakan Mobil Pemudik Mogok hingga Ngebul di Tol Kalikangkung

Hal itu membuat pengendara terus-menerus mencoba menyalakan mobil secara paksa, tanpa mencari tahu terlebih dahulu penyebabnya. Untuk mencegah kerusakan lain pada mesin mobil saat berulang kali mencoba menyalakan mobil secara paksa, pengendara sebaiknya membawa kendaraan ke tepi jalan terlebih dahulu.  

"Saat mobil mogok, sebaiknya tepikan kendaraan ke tempat aman dan pasang hazard atau segitiga pengaman. Setelah itu, coba periksa mesin dulu sendiri, tetapi lakukan itu dengan aman," kata General Manager After Sales Toyota Astra Motor, Dadi Hendriyadi kepada VIVA.

5 Tanda-tanda Mobil Bakal Mogok

Selain itu, Dadi menegaskan, pengendara yang tidak mengerti kerusakan mesin yang sedang dialami, sebaiknya segera memanggil bengkel siaga terdekat. Hal ini dilakukan, untuk menghindari terjadinya kerusakan lebih parah pada mobil.

"Apabila memang tidak mengerti, lebih baik segera memanggil mekanik berkompeten untuk memeriksa penyebab mobil tiba-tiba mogok," ujarnya. (asp)

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar

Imam Besar Masjid Istiqlal: Selama Ini Ulama Seperti Pendorong Mobil Mogok atau Pemadam Kebakaran

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menyatakan bahwa bahasa agama lebih efektif menyentuh masyarakat daripada bahasa birokrasi atau politik.

img_title
VIVA.co.id
22 Mei 2023