Perlakuan Wajib pada Mobil yang Baru Dipakai Mudik

Ilustrasi kendaraan pemudik melintas di Jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

VIVA – Musim mudik Lebaran sudah selesai, bagi pemudik yang menggunakan mobil pribadi perlu melakukan pengecekan ulang. Sebab mobil telah dipakai kerja keras selama mudik berlangsung.

Pemilik Mobil Matik Wajib Tahu Ini Jika Tidak Ingin Keluar Uang Banyak

Lantas komponen apa saja yang wajib diperiksa setelah mudik? Menurut Ketua Umum Avanza-Xenia Indonesia Club, Taufik Hidayatulloh, filter udara jadi komponen penting yang harus diganti. Karena debu dan kotoran dari jalanan menumpuk di filter dan mengganggu performa.

“Jangan lupa oli mesin harus ganti, saya rasa orang akan melakukan hal itu karena perjalanan jauh," katanya.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

"Selain itu, filter AC, karena bisa bau kalau tidak diganti atau dicek untuk dibersihkan. Biasanya perjalanan jauh, semua kegiatan dilakukan di dalam mobil seperti halnya makan.”

Kaki-kaki juga menurutnya wajib untuk diperiksa setelah berjalan jauh. Karena beragam medan jalan yang dilewati. Maka, saran dia, lebih baik balancing ulang.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Sementara Ketua Umum Great Corolla Club, Bastian Dioz mengatakan, meski masing-masing kendaraan mempunyai karakter dan cara perawatan berbeda-beda, namun umumnya yang jadi perhatian adalah bagian kaki-kaki, filter udara dan oli mesin yang wajib dicek kondisinya.

“Filter udara harus diganti, karena beberapa daerah masih fungsional, masih banyak debu dan kotoran. Selain itu sistem AC juga harus dicek, karena sirkulasi udara yang kotor dari luar pengaruh juga, karena tersumbat biasanya ke filter,” tuturnya.

Sementara untuk oli mesin, menurutnya, tidak perlu ganti setelah mudik. Apalagi sebelum mudik sudah dilakukan pergantian.

"Maka fokus lebih baik ke kaki-kaki. Seperti ganti ball joint, long tie road satu set, begitu juga klaher, tapi sejauh ini shockbreaker aman-aman saja, jadi hanya komponen pendukungnya,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya