Cuci Mesin Mobil Tidak Boleh Sembarangan, Jangan Sampai Menyesal

Membersihkan mesin mobil. Ilustrasi
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Agar ruang mesin tetap terlihat bersih seperti baru, beberapa pemilik mobil mengambil cara mudah dengan menggunakan air bertekanan tinggi di stim mobil. Padahal tidak boleh sembarangan untuk membersihkan ruang mesin, sebab akibatnya fatal. Lantas apakah ruang mesin boleh dicuci?

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, beberapa orang mencuci mesin mobilnya karena ingin terlihat bersih, ada juga yang ingin sekadar menghilangkan kotoran tikus yang pernah bersarang di mesin.

“Boleh saja, asal alternator ditutup kantong plastik saat dicuci untuk menghindari korsleting pada sistem kelistrikan. Dan pastikan semua konektor listrik dalam keadaan kering setelah dicuci, mengeringkanya bisa gunakan air gun,” ujar Didi kepada VIVA, Senin 2 Juli 2018.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Sebab, jika konektor pada sistem kelistrikan tetap basah mobil akan susah untuk dinyalakan dan bisa terjadi korsleting. Kata dia, jika konektor listrik masih basah menyebabkan poor contact, maksudnya jika mobil ingin dinyalakan susah terkadang tidak nyambung.

“Tidak disarankan mencuci area mesin dengan air yang bertekenan tinggi. Sebaiknya dibasahkan dengan kain atau lap, apa lagi diguyur air karena mobil sekarang banyak sensor-sensor untuk menghindari timbulnya malafungsi sistem kelistrikan,” katanya.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur
Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022