Jangan Asal Isi Freon AC Mobil, Ini Bahaya yang Ditimbulkan

AC mobil (Ilustrasi).
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Penyebab AC mobil tidak dingin banyak faktor. Salah satunya freon yang sudah mulai menipis. Nah, saat mengisi freon mobil sebaiknya hati-hati agar tidak salah.

Terpopuler Otomotif: Mobil Hitam Ditabrak Berkali-kali, Honda HR-V Kena Recall Lagi

Sebab, jika freon yang diisi tidak sesuai akan menimbulkan hawa dingin berlebihan dan kerusakan pada komponen AC.

Pemilik bengkel servis AC mobil dari Maju Lestari, Ari mengatakan, salah satu penyebab utama sistem AC mobil cepat bocor, dan hawa dinginnya berlebihan karena salah isi freon. Setiap mobil mempunyai kode freon yang berbeda-beda.

3 Kesalahan Menyalakan AC Mobil yang Bisa Merusak

“Salah isi freon hawa dingin yang disemburkan AC terlalu berlebihan yang membuat suhu kabin terlalu dingin. Ini tidak baik untuk kesehatan. Karena, zat kimia dan tekanannya lebih tinggi,” ujarnya kepada VIVA, Sabtu, 7 Juli 2018.

Ia melanjutkan, penyebab lain jika salah isi freon mengakibatkan kebocoran pada selang dan karet saluran AC, dan masih banyak konsumen yang tidak sadar akan hal tersebut.

4 Cara Cepat Turunkan Suhu AC Mobil di Cuaca Panas

Ari mencontohkan, mobil zaman sekarang rata-rata kode freonnya R134a, namun diisi dengan R12. Inilah yang menimbulkan kerusakan.   

“Sekarang rata-rata mobil pakai freon R134a. Kalau mobil jadul sebagian besar masih R12, sedangkan untuk AC rumah R22. Itu yang saya tahu. Mobil zaman dahulu juga pernah ada yang pakai freon R22 tapi sekarang sudah enggak boleh,” tuturnya.

AC mobil (Ilustrasi).

Satu Keluarga Keracunan AC Mobil hingga Tewaskan 1 Orang, Ini Tips Mencegahnya

 Keracunan udara akibat Air Conditioner (AC) mobil kembali terjadi, bahkan menelan korban jiwa satu orang. Ada beberapa cara untuk menghindari keracunan gas ac mobil itu.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024