Saringan Udara Model Ini Boleh Dicuci Pakai Air Sabun

Filter udara. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Herdi/VIVA.co.id

VIVA – Saringan udara pada kendaraan, memiliki tugas untuk menyaring udara kotor agar tidak masuk ke ruang bakar. Seiring pemakaian kendaraan, komponen ini harus diperiksa dan dibersihkan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Sales Manager PT Prima Semesta Asia, Teng Herry Sutanto mengatakan, saringan udara yang terbuat dari bahan stainless steel bisa dibersihkan sendiri oleh pemilik kendaraan.

"Boleh disemprot dengan angin kompresor, tapi tekanan rendah ya. Kalau tekanannya tinggi, kasih jarak di atas 30 sentimeter saat melakukan pembersihan, masih oke," kata Herry di Jakarta, Selasa 10 Juli 2018.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Membersihkan saringan udara, kata Herry, sebaiknya dilakukan setiap dua ribu kilometer. Caranya bukan hanya bisa disemprotkan menggunakan tekanan angin, tetapi bisa juga dicuci.

Untuk pencucian, bisa dilakukan dengan menggunakan air biasa atau bahkan air sabun. Jika ada kotoran menempel, bisa disikat menggunakan sikat gigi halus pada bagian stainless steel di saringan udaranya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Boleh aja dicuci, selama bahannya stainless steel. Kalau mau dikeringkan dengan tekanan angin, atur jaraknya. Karena, angin bisa merusak struktur anyamannya kalau disemprot dengan jarak yang dekat dan tekanan tinggi," tuturnya.

Saringan udara Ferrox

Saringan Udara Motor dan Mobil Mudah Kotor Gara-gara Ini

Para pemilik motor dan mobil di Indonesia disarankan untuk rutin memeriksa kondisi saringan udara kendaraan mereka.

img_title
VIVA.co.id
16 Agustus 2022