Sering Cuci Mobil Pakai Sampo Rambut, Ini Efeknya

Ilustrasi mencuci mobil
Sumber :
  • Daihatsu.co.id

VIVA – Sudah jadi rahasia umum, jika cairan pembersih rumah tangga bisa dipakai untuk perawatan mobil. Contohnya sabun cuci piring dan sampo rambut.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Padahal, kedua cairan itu memiliki kandungan kimia yang dapat membuat bodi mobil jadi kusam. Seperti yang disampaikan Technical Support Meguiars Indonesia, Fadillah, saat berbincang dengan VIVA di Jakarta Pusat, Rabu 11 Juli 2018.

“Cairan pencuci mobil harus mempunyai pH (tingkat keasaman) di angka tujuh, agar tidak akan mengangkat lapisan coating dan meninggalkan bintik putih. Jika kandungan pH terlalu tinggi, setelah bodi kering akan terlihat bintik-bintik putih,” ujarnya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Kata Fadillah, setiap cairan yang digunakan untuk mencuci perabotan rumah tangga mempunyai pH tinggi atau rendah. Sementara, agar bodi mobil tetap mengilap dan lapisan pernisnya terjaga, kadar pH harus seimbang.

Hal senada disampaikan Trainer dari Rupes, Adetio Nasution. Jika terlalu sering menggunakan sabun pencuci piring dan sampo, daya kilap bodi akan menurun.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

“Pernisnya terkikis dan bodi kusam, karena deterjennya bisa menggangkat clear coat. Jika sudah begitu, ketika bodi dipegag pasti keset,” tutur Adetio.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022