Berkaca dari Musibah Neno Warisman, Jangan Lakukan Ini pada Mobil

Polisi sedang memeriksa mobil Neno Warisman yang terbakar.
Sumber :

VIVA – Kasus mobil terbakar di Indonesia sering terjadi di jalan, dan penyebabnya macam-macam. Mulai dari arus pendek kelistrikan hingga mesin over heat atau kepanasan.

Nyanyi saat Launching Album Religi Ustaz Salman, Sandiaga Uno Disambut Neno Warisman

Seperti yang dialami aktris Neno Warisman pada Daihatsu Xenia miliknya. Keterangan sementara dari pihak kepolisian, penyebab terbakarnya mobil karena adanya korsleting pada aki. Untuk menghindari hal itu terjadi, ada baiknya Anda menyimak tips berikut ini. Seperti diketahui, Xenia merupakan produk kembar dari Toyota Avanza.

"Tips menurut saya, pemasangan aksesori harus dengan spesifikasi yang dianjurkan atau sesuai dengan kapasitas kelistrikan kendaraan," ujar Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi kepada VIVA, Selasa, 24 Juli 2018.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Penambahan aksesori atau penyambungan kabel di luar standar pabrik, sebaiknya berkonsultasi dengan bengkel resmi. Sebab, mobil keluaran terbaru dilengkapi dengan sistem CAN (Communication Area Network), yang dapat menyebabkan korsleting menyeluruh jika salah dalam hal penyambungan kabel.

Sorot Mobil Mudik - Pekerja mengecek kondisi mesin mobil pelanggan di bengkel mobil Kawasan Tebet, Jakarta

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Dapat menyebabkan malafungsi sistem yang lain. Kebakaran mobil bukan hanya dari kelistrikan, bisa saja kelupaan. Ada benda asing seperti lap saat mencuci bagian mesin tertinggal dan menempel, sehingga terbakar," tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi. Kata dia, jangan pernah menambah atau memodifikasi di luar standar pabrik, jika tidak ingin terbakar karena faktor korsleting kelistrikan atau dari komponen lain.

"Yang kedua, lakukan servis rutin di bengkel resmi, untuk memastikan mobil dalam kondisi prima," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya