Cuma Mampu Ganti Dua Ban, Pasang Depan Atau Belakang?

Ilustrasi ban mobil.
Sumber :
  • Pixabay/Mikesphotos

VIVA – Ban merupakan salah satu perangkat penting pada mobil. Saking pentingnya, kondisi tentu wajib diperhatikan, agar kenyamanan dan keselamatan tetap terjaga.

Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

Tetapi terkadang ada kondisi yang mengharuskan pemilik mobil menunda melakukan penggantian ban karena anggaran. Alhasil beberapa pemilik kemudian mensiasatinya dengan mengganti dua ban saja, seperti bagian belakang yang tingkat keausannya lebih tinggi.

Lantas sebenarnya apakah tak berisiko ganti ban mobil hanya dua saja dari empat ban yang ada. Seperti dilansir situs resmi PT Suzuki Indomobil Sales, Jumat 27 Juli 2018, keempat ban mobil sebenarnya harus diganti, tak hanya dua roda saja.

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

Tetapi apabila anggaran tak cukup apa boleh buat melakukannya. Meski begitu penempatannya harus diperhatikan. “Sebaiknya sepasang ban baru yang Anda beli ditempatkan di bagian poros belakang saja. Alasannya, bagian belakang mobil diibaratkan seperti kunci yang bertugas untuk menggigit jalanan saat mobil sedang bermanuver,” tulis Suzuki.

Ini penting untuk diperhatikan. Sebab mitos yang beredar menyebut ban depan merupakan poros kemudi, sehingga penggantian ban baru harus sering dilakukan agar daya cengkramnya baik. Padahal anggapan itu salah, karena pergerakan arah mobil tidak sepenuhnya berasal dari arah kemudi.

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

"Dengan kondisi ban belakang yang bagus, kemungkinan mobil sliding yang menyebabkan hilang kendali akan lebih diminimalisir. Meski begitu, terkait dengan keselamatan alangkah baiknya menyediakan budget khusus untuk mengganti ban secara keseluruhan."

Ilustrasi ban mobil bocor

Pengguna Mobil Nyaris Jadi Korban Kejahatan, Warganet Fokus ke Penumpang Perempuan

Modus kejahatan di jalan raya kian beragam, seperti yang baru-baru ini terjadi di media sosial menunjukkan aksi kejahatan dengan modus berteriak ban mobil kempes.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024