Cara Mudah Cegah Kaca Mobil Baret, Pakai Jarum Pentul

Semprotan air wiper.
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA – Salah satu masalah yang kerap dialami pemilik mobil adalah goresan atau baret pada kaca depan. Ini bisa terjadi karena beberapa faktor, mulai dari lontaran kerikil dari mobil di depan hingga karet penghapus kaca yang sudah tidak layak pakai.

Terlalu Sering Poles Kaca Mobil Bisa Berdampak Negatif

Karet penghapus atau biasa dikenal dengan istilah wiper, biasanya diaktifkan saat hujan turun. Namun, ada kalanya pengemudi menggunakan fitur tersebut ketika kaca dalam kondisi kotor akibat debu dan kotoran yang telah mengering.

Dilansir dari Astraworld, Minggu 29 Juli 2018, saat mengaktifkan wiper, pengemudi disarankan untuk menyemprotkan air terlebih dulu. Tujuannya, agar debu halus bisa tersapu dengan baik, sehingga tidak meninggalkan luka pada kaca.

Begini Cara Buka Kaca Mobil yang Benar agar Irit BBM

Namun, lubang air bisa saja tersumbat oleh debu yang menumpuk. Alhasil, karet wiper akan menyapu kaca yang dalam kondisi kering dan meninggalkan garis baret.

Ilustrasi/Jarum pentul

Cara Mudah Hilangkan Baret Kaca Mobil dengan Cerium Oxide

Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu menyiapkan jarum pentul. Masukkan jarum ke dalam lubang air yang ada di kap mesin. Buat gerakan memutar, agar semua debu bisa rontok dan jalur air kembali terbuka.

Jika dibutuhkan, Anda juga bisa menggunakan teknik ini untuk mengatur arah air ke kaca. Pastikan semprotan air mengarah ke tengah. Coba aktifkan semprotan beberapa kali, untuk memastikan semuanya berjalan sempurna.

Ilustrasi membersihkan kaca mobil.

Kaca Mobil Bisa Pecah Mendadak, Ini Penyebabnya

Kaca mobil merupakan salah satu komponen penting dalam keselamatan berkendara. Kaca mobil yang pecah tidak hanya menjadi masalah kosmetik, melainkan dapat mengancam kesel

img_title
VIVA.co.id
13 Desember 2023