Bingung Parkir Paralel dengan Transmisi Wuling Cortez, Ini Caranya

Wuling Cortez
Sumber :
  • VIVA/Krisna Wicaksono

VIVA – Pasar mobil keluarga kelas menengah diramaikan oleh pendatang baru asal China, Wuling Cortez. Dirakit secara lokal di Cikarang, Jawa Barat, mobil tersebut ditawarkan dengan banderol cukup menggoda, yakni mulai dari Rp193,8 juta.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Mobil penantang Toyota Innova ini ditawarkan dalam dua versi mesin dan transmisi, yakni 1.500 cc dan 1.800 cc. Khusus untuk mesin 1.800 cc, ada transmisi manual dan otomatis. Sementara, mesin 1.500 cc hanya bersanding dengan transmisi manual saja.

Ada yang menarik pada transmisi otomatis Cortez. Saat VIVA mencoba mobil tersebut belum lama ini, tidak ada indikator P pada konsol, yang biasanya menandakan posisi tuas transmisi untuk parkir.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Saat pengemudi sudah memasukkan mobil dalam ruang parkir, yang perlu dilakukan hanya memindahkan tuas ke posisi N atau netral dan memutar kunci kontak ke posisi mati. Secara otomatis, rem parkir elektronik akan terpasang.

Tuas transmisi matik Wuling Cortez

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Lantas, bagaimana cara agar rem parkir tersebut tidak aktif, terutama saat mobil hendak diparkir secara paralel?

Ternyata caranya tidak rumit. Pengemudi hanya perlu menekan dan menahan tombol rem parkir yang ada di konsol tengah, sebelum memutar kunci kontak. Mesin mobil akan mati, namun roda tetap bisa bergulir saat mobil didorong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya