Ini Pentingnya Punya Kamera Dasbor di Mobil

Kamera dasbor BlackVue
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Teknologi di sektor otomotif saat ini terus berkembang. Hal ini semata-mata untuk menunjang keselamatan saat berkendara di jalan. Salah satunya perangkat elektronik dashboard camera atau kamera dasbor.

Dashcam Baru Ini Cocok untuk Mudik, Harga Rp900 Ribuan

Meski berbentuk kecil, piranti memiliki peran yang sangat penting, yakni merekam kejadian saat berkendara, sehingga bisa dijadikan sebagai alat bukti oleh pengemudi. Hal itu diungkapkan Direktur Pemasaran Blackvue Indonesia, Rudy Ham.

"Bisa jadi alat bukti kalau sewaktu-waktu terjadi kecelakaan, apalagi kalau sampai ada yang meninggal. Terus, menjangkau pengemudi yang nakal, karena kebanyakan mereka emosional," kata Rudy di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Kamis 9 Agustus 2018.

Kamera Dasbor Baru Berteknologi AI Meluncur di IIMS 2024

Tak hanya itu, kamera dasbor juga bisa mengawasi cara berkendara pengemudi. Alat ini serupa dengan kamera pengawas closed circuit television atau CCTV, namun didesain untuk mobil.

Kamera dasbor BlackVue

Cara Mengetahui Kamera Tersembunyi di Kamar Hotel, Anda Patut Waspada

"Dashcam ini ada yang jenis menghadap ke depan, interior, outdoor, dua channel yaitu menghadap depan dan belakang, serta menghadap depan interior. Yang tipe outdoor bisa digunakan sopir truk untuk awasi barangnya," tuturnya.

Kamera dasbor yang ia jual ditawarkan dengan harga Rp1,8-7,1 juta, tergantung tipe kamera dasbor. Ia tak menampik, permintaan perangkat ini juga semakin diminati oleh konsumen di Tanah Air.

"Konsumen sudah pada sadar, ada pengemudi yang suka nyalip dan rem mendadak bisa dilaporin ke polisi. Selain fungsi dasarnya sebagai CCTV, alat ini bisa juga digunakan sebagai GPS (global positioning system)," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya