Cara Mudah Cek Oli 'Basi' atau Tidak

Ilustrasi cek oli mesin mobil.
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Belakangan ini, banyak beredar isu soal pelumas kedaluwarsa. Umumnya, pelumas yang tidak lagi bisa dipakai, meski masih baru itu disebut dengan oli basi.

Teknologi Ini Bikin Pemilik Kendaraan Tak Perlu Sering Ganti Oli

Padahal, oli yang biasa diisi ke ruang mesin mobil atau motor tidak seperti makanan yang punya waktu kedaluwarsa. Hal itu diungkapkan oleh Manager Marketing Deltalube, Natalius Purnomoadi.

“Itu sebetulnya salah kaprah. Oli bukan basi, tapi bisa rusak. Penyebabnya itu kontaminasi,” ujar Natalius saat ditemui di pameran GIIAS, Jumat 10 Agustus 2018.

Ganti Oli Mesin Sebaiknya Sebelum atau Sesudah Mudik?

Menurut dia, penyebab dari kontaminasi adalah masuknya air ke dalam botol. Hal itu bisa terjadi, karena penyimpanan yang kurang baik.

“Kalau simpannya enggak bagus, bisa kontaminasi,” tuturnya.

Motul Luncurkan Oli yang Cocok dengan Karakter Mesin Kawasaki

Lebih jauh ia menjelaskan, bagaimana mendeteksi oli yang terkontaminasi. Ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni melalui pengamatan kekentalan dan warna.

Pelumas Deltalube

“Lihat kekentalannya, kalau 10W apakah masih secair itu. Lalu perhatikan warnanya. Oli yang harusnya berwarna merah misalnya, jika kena kontaminasi akan berubah jadi warna lain,” jelasnya.

Sekilas infomasi mengenai Deltalube, PT Timurraya Karya Mandiri sebagai produsen pelumas Deltalube untuk kedua kalinya hadir di ajang GIIAS 2018. Ada 24 pelumas yang mereka tawarkan, mulai dari oli mesin hingga transmisi.

Khusus di GIIAS, ada promo beli satu dapat satu lagi gratis. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp49 ribuan hingga Rp529 ribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya