Masih Ragu Pakai Mesin Turbo, Baca Dulu yang Satu Ini

Test Drive DFSK Glory 580.
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Mobil-mobil keluaran baru saat ini banyak yang dilengkapi turbocharger. Komponen ini dipakai untuk menambah tenaga, sehingga mesin berkapasitas kecil bisa menghasilkan performa sama seperti mesin besar.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Pemilik bengkel mobil balap Garden Speed, Taqwa Suryo Swasono mengatakan, perawatan mesin turbo saat ini berbeda dengan versi lawas.

"Dulu di Indonesia, ada salah satu pabrikan mengimpor mobil dengan mesin tiga silinder turbo, ternyata tidak bertahan. Jadi, untuk membuat kendaraan ini tahan dipakai, harus didukung dengan lingkungannya juga," ujarnya di Jakarta, Jumat 17 Agustus 2018.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Dikatakan Taqwa, saat mobil bermesin turbo tersebut dijual di Tanah Air, tidak disertai dengan edukasi yang baik. Sehingga, banyak konsumen yang beranggapan merawatnya sulit.

(Ilustrasi) perangkat turbocharger

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Saya ingat mobil turbo ini masuk Indonesia, kemudian banyak yang rusak. Ternyata pada saat itu, teknologi yang diusung tidak didukung dengan adanya oli yang sesuai spesifikasi mesin,” tuturnya.

Untuk saat ini, ujar dia, membeli mobil baru yang mesinnya sudah dilengkapi turbo tidak perlu khawatir. Sebab, untuk merawatnya tidak sulit, pemilik hanya mengikuti aturan yang ditetapkan pabrik mobil.

"Enggak ada perlakuan khusus untuk mobil turbo. Pokoknya sudah tinggal ganti oli saja dan perawatan berkala. Oli untuk mesin turbo juga banyak," ungkapnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya