Rahasia agar Mobil Tetap Awet meski Sering Berjemur

Ilustrasi mobil yang diparkir di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Lokasi parkir mobil yang tepat memang di dalam ruangan agar tetap terlindungi dari cuaca seperti hujan dan panasnya Matahari. Tapi, bagi yang tidak memiliki garasi, mau enggak mau mobil kesayangan harus terparkir di luar rumah atau outdoor.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Cara untuk melindungi mobil dari paparan sinar Matahari bisa memakai sarung atau cover mobil yang dijual bebas di pasaran. Dilansir dari situs resmi PT Toyota Astra Motor, Minggu 2 September 2018, sarung mobil dapat melindungi eksterior dari debu, kotoran dan sinar ultraviolet (UV).

Namun jangan salah kaprah memilih sarung mobil, karena beberapa pedagang aksesori menawarkan sarung mobil dengan gelar waterproof. Padahal, sarung mobil yang antiair itu menimbulkan kelembapan dan efeknya embun, atau noda menempel di bodi.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Bahkan bisa menimbulkan karat jika dalam jangka waktu lama mobil tidak dicuci. Oleh sebab itu, pilih sarung mobil yang bahannya dapat menolak air atau water repellent. Selain itu, pilih sarung mobil yang dapat mencegah radiasi UV agar cat tetap terjaga.

Jika sudah memilih cover mobil yang benar, cara kedua untuk melindungi cat mobil menggunakan paint protection film. Selain mencegah goresan, fungsi protection film itu bisa melindungi dari bekas air hujan yang dapat menimbulkan jamur, kotoran burung, dan getah pohon.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Yang terakhir adalah, kaca film karena dapat melindungi interior mobil dari paparan sinar Matahari. Dan sesuaikan tingkat kegelapannya, yang tepat adalah bagian depan 40 persen, sedangkan kaca belakang dan samping 60 persen, agar tidak mengganggu pandangan saat mengemudi.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022