Ini Risiko Memilih Paket Asuransi yang Harganya Murah

ilustrasi kecelakaan mobil
Sumber :
  • tvOne/Kusnadi

VIVA – Asuransi menjadi salah satu bentuk perlindungan pemilik terhadap mobil kesayangannya. Jenis dan perusahaan asuransi yang menawarkan jasa perlindungan untuk kendaraan pun kian beragam.

Klaim Asuransi Kendaraan Saat Ini Tidak Lagi Ribet

Tidak salah, jika terkadang pemilik mobil merasa bingung saat hendak memilih asuransi yang tepat. Saat memilih alat proteksi ini, kata Chief Marketing Officer Adira Insurance, Wayan Pariama, konsumen harus cermat, agar tidak menyesal di kemudian hari.

"Tipsnya paling pertama, cari perusahaan asuransi yang memiliki kekuatan finansial sehat dan punya layanan terbaik," kata Putu di Jakarta, Selasa 4 September 2018.

Mobil Kebanjiran Jangan Asal Klaim Asuransi

Sebab, kata dia, percuma membeli paket yang ditawarkan, namun perusahaan tersebut tidak bisa mengganti atau menjamin mobil secara maksimal.

Ilustrasi kecelakaan mobil.

Jangan Asal Ngotot, Ini Alasan Asuransi Kendaraan Tolak Klaim

Terkait layanan, pastikan asuransi yang dipilih memiliki call center yang mudah dihubungi, serta layanan bantuan saat kendaraan pemilik mengalami gangguan kapan saja dan di mana saja.

"Misalnya, jam tiga pagi mobil ada gangguan atau bahkan kecelakaan, harus bisa bantu. Lalu bengkelnya juga, bukan cuma yang umum, tetapi harus punya rekanan sampai ke bengkel resmi," kata dia.

Asuransi yang dipilih juga harus memberi kemudahan bagi pemakainya. Salah satu contohnya, memiliki aplikasi online untuk kondisi darurat, serta proses pengajuan klaim yang mudah. Lalu yang tak kalah penting, pelajari apa saja yang bisa dan tidak ditanggung.

"Kemudian soal cakupan, misalnya sudah bisa memberikan layanan untuk pertanggungan sampai terorisme, atau bahkan gempa bumi. Soal harga, ada layanan pasti ada harga," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya