Beli Motor Bekas, Jangan Lupakan Hal Ini

Sepeda motor matik bekas
Sumber :
  • VIVA/Dian Tami

VIVA – Membeli sepeda motor dalam kondisi seken alias bekas pakai menjadi pilihan alternatif bagi sebagian orang, terutama yang memiliki dana terbatas. Tak dipungkiri banyak ditemui pedagang motor bekas di berbagai tempat. 

Jangan Takut Tertipu, Simak Tips Jitu Cara Beli Motor Bekas yang Aman

Namun demikian, membeli kendaraan roda dua bekas bukanlah tanpa risiko. Ada saja cara yang dilakukan pedagang agar barang dagangannya tersebut laku di pasaran. Karena itu, pembeli wajib memeriksakan motor dan mengganti beberapa komponen penting.

Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, Rendra Kusumah, mengatakan, konsumen sebaiknya menanyakan secara lengkap riwayat pergantian komponen motor bekas sebelum dibeli. 

Skutik Matik Kuasai Pasar Mokas, Begini Nasib Motor Sport 150cc

"Pertama yang harus kita cek itu sejarah servisnya. Kalau beli langsung ke pemilik tanya dulu bagaimana servisnya, jadi enggak mubazir. Sehingga mengganti spare part yang memang sudah diganti," kata Rendra di Jakarta, Rabu 5 September 2018.

Apabila motor tidak diketahui secara pasti rekam jejak servisnya, namun beberapa komponen penting pada motor harus segera diganti. Ia menjelaskan seperti oli dan filter udara. 

Daftar Motor Matik Bekas Paling Laku di Pasaran

"Kalau enggak ada history servis sebaiknya diganti semua. Seperti oli, oli mesin dan gardan kalau matik, lalu filter udara serta komponen CVT (Continuously Variable Transmission). Kalau komponen CVT itu biasanya Van Belt sama kampas kopling," ujarnya.

Honda Vario 160.

Unit Baru dan Bekasnya Masih Menjadi Incaran, Ini Spesifikasi dan Harga Bekas Vario 160

Saat ini Honda telah mengeluarkan produk terbarunya New Honda Vario 160 yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024