Jangan Lupakan Ini Pada Ban Serep

Ban serep atau cadangan mobil
Sumber :
  • viva.co.id/Jeffry

VIVA – Sampai saat ini masih banyak pemilik mobil yang kurang memerhatikan keberadaan ban serep atau cadangan. Padahal ban serep memiliki peran penting bila pengemudi berada dalam kondisi darurat. 

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Deputy General Manager PT Yokohama Indonesia, Eka Satria, mengatakan meski digunakan dalam situasi darurat namun perawatannya harus tetap dilakukan. Hal ini bertujuan agar ban selalu dalam kondisi siap pakai. 

Ia menyarankan para pengemudi menggunakan ban serep dengan waktu tertentu. Atau bisa dibilang, dirotasi dengan ban yang telah terpasang meski tidak dalam situasi genting.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Cara perawatannya itu dengan rolling. Walaupun memang tidak dalam kondisi darurat tetap harus dipakai juga," ujar Eka di Jakarta, Kamis 6 September 2018. 

Pemilik kendaraan juga disarankan untuk selalu memeriksa kondisi tekanan angin pada ban cadangan. Biasanya tekanan angin akan berkurang dalam waktu tertentu. Untuk itu pastikan pemilik menambah tekanan angin saat diperlukan. 

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Harus tetap dimonitor kondisinya, anginnya juga, supaya kalau dalam situasi darurat bisa dipakai. Jangan sampai nanti kempes pas mau digunakan," tuturnya.

Terpisah, Instruktur Safety Riding dari Michelin Safety Academy, Anondo Eko mengatakan, ban serep yang tidak pernah digunakan memang akan tetap utuh. Namun setiap ban yang diproduksi pabrikan memiliki batas waktu atau kedaluwarsa. 

“Ban cadangan yang tidak pernah dipakai memang akan tetap utuh, namun ada masa kedaluwarsanya, dan tentu ban yang melewati masa kedaluwarsa akan berbahaya jika dipakai,” kata dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya