Ini Efek Negatif Pakai Knalpot Racing

Lapak jual beli knalpot racing bekas di Jakarta Timur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA – Pemilik sepeda motor biasanya melakukan langkah modifikasi agar mendapatkan performa yang lebih besar. Salah satu cara yang umum dilakukan adalah mengganti knalpot standar dengan knalpot racing.

Kampanye Akbar Prabowo-Gibran di Semarang Dipastikan Bebas Knalpot Brong

Biasanya, knalpot racing memiliki suara dengan dentuman keras lantaran lubang bagian dalam lebih lebar. Kendati demikian, hingga kini masih banyak pihak yang mempertanyakan apa efek bagi sepeda motor jika menggunakan knalpot racing?

Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM), distributor sepeda motor Honda Jawa Barat, Ade Rohman, menjelaskan penggunaan knalpot racing pada kendaraan sangat tidak dianjurkan.

Polres Garut Sita Ribuan Knalpot Brong Dalam Operasi Selama 20 Hari

"Untuk pemakaian reguler knalpot racing tidak dianjurkan karena akan mengubah suara menjadi lebih berisik (Regulasi pemerintah 80-90 Desibel)," katanya di Bandung, Jawa Barat.

Selain itu Ade juga mengatakan, sepeda motor menggunakan knalpot yang dilengkapi catalytic converter, emisi gas buang akan lebih berbahaya apabila knalpot diganti.

Ribuan Knalpot Brong Terkena Razia Polda Banten

"Kerugian berikutnya untuk sepeda motor tipe PGM-FI (injeksi) yang dilengkapi 02 sensor, mesin akan berputar tidak stasioner (tidak stabil) karena ECM tidak menerima sinyal dari 02 sensor," ujarnya.

Polisi musnahkan knalpot brong hasil razia kendaraan

Knalpot Brong Dirazia Besar-besaran Polisi, Asosiasi Produsen Curhat PHK 15 Ribu Karyawan

Asosiasi Knalpot Seluruh Indonesia (AKSI) mengadu ke Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, terkait masifnya razia knalpot brong oleh pihak Kepolisian

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2024