Ganti Pelat Kopling Mobil Manual, Siap-siap Rogoh Kocek Dalam

Ilustrasi kopling mobil.
Sumber :
  • www.toyota.astra.co.id

VIVA – Pemakaian kopling pada mobil dengan transmisi manual bisa bertahan hingga tahunan. Meski demikian, saat pelat kopling sudah aus atau tipis, hal itu mudah diketahui oleh pengemudi, karena terasa keras saat diinjak.

Ini Cara Agar Transmisi Manual Sepeda Motor Awet

Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, jika pedal kopling sudah terasa susah diinjak maka jalan satu-satunya adalah mengganti pelat kopling. Pergantian dilakukan dengan cara membongkar rumah transmisi.

"Biasanya kalau sudah aus, disarankan ganti satu set, mulai dari pelat kopling, cover-nya, release bearing, pilot bearing, dan komponen terkait," kata Didi kepada VIVA, Rabu, 12 September 2018.

Mercedes-Benz Bakal Setop Produksi Mobil Bertransmisi Manual

Terpisah, pemilik bengkel mobil Fendryss Motor, Rusdi Sopandi mengatakan, waktu yang dibutuhkan untuk menservis komponen tersebut cukup lama.

Tuas transmisi manual.

Cara Tepat Berhenti di Tanjakan untuk Mobil Manual

"Ganti satu set biasanya. Untuk waktu, antara 3-5 jam pengerjaan, tergantung jenis mobil dan ketersediaan komponennya juga," tutur Rusdi.

Soal biaya, kata Rusdi, pemilik harus siap merogoh kocek dalam. Sebab, ongkos pengerjaannya saja bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

"Biaya untuk Avanza misalnya, Rp1,3  juta, sedangkan Kijang Innova Rp1,4 juta. Itu baru harga komponen saja ya. Untuk jasa, biasanya saya pasang tarif mulai Rp300 ribu," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya