Ganti Ban Motor Model Lebar, Banyak Ruginya

Ban tapak lebar pada sepeda motor.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Saat membeli motor, tidak sedikit konsumen yang merasa kurang nyaman dengan ukuran bannya. Beberapa merasa, ban dengan ukuran yang lebih lebar dapat memberikan rasa tenang dan nyaman saat berkendara.

Pentingnya Tekanan Angin Ban Motor yang Tepat

Ketika masa pakai ban telah habis, ada yang kemudian menggantinya dengan ban lain dengan ukuran lebih lebar. Meski hal itu sah-sah saja dilakukan, namun ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelumnya.

Dilansir dari Fdrtire, Kamis 13 September 2018, mengganti ban dengan ukuran di atas standarnya akan berdampak pada berbagai hal, seperti faktor pengendalian dan kenyamanan. Selain dimensinya lebih besar, cengkeraman ke aspal juga berkurang, karena ban jadi lebih tinggi.

Siap-siap Kaget, Ini Efek Campur Nitrogen dengan Angin Biasa di Ban Motor

Pengendalian juga jadi berkurang, dan pemakaian bahan bakar lebih boros. Dampak lainnya yakni beban pada laher roda dan rantai lebih besar, sehingga usia pemakaian jadi berkurang.

Setiap pabrikan sudah melakukan riset dan penghitungan yang matang soal ukuran ban, demi mendukung kenyamanan dan keselamatan pengendaranya. Itu sebabnya, ukuran yang paling ideal untuk penggunaan sehari-hari adalah bawaan pabrik.

Tak Banyak yang Tahu, Ini Penyebab Ban Motor Baru Terasa Licin

Meski demikian, pemilik bisa saja mengganti ban dengan model lain. Namun, jangan sampai ukuran yang dipilih terlalu lebar atau besar. Selain itu, pertimbangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan, apakah untuk harian atau kontest modifikasi.  (mus)

Vespa matic di towing

Agar Vespa Matic Aman saat Ditinggal Lama Mudik, Lakukan 7 Hal Ini

Radyan Mahandya Putra dari Scooter VIP kasih tips jika meninggalkan Vespa Matic di rumah saat mudik lebaran yang patut Anda lakukan.  Salah satunya isi bensin yang penuh.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024