Ketahui Bahaya Gantung Aksesori di Spion Tengah Mobil

Spion mobil.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Anda pasti sering melihat banyak pemilik mobil yang menggantungkan barang pribadi di spion tengah mobil. Padahal menggantungkan berbagai benda di spion dapat membahayakan diri sendiri, karena dapat mengganggu perhatian mengemudi.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu mengatakan, potensi distraksi terbuka lebar. Karena sifat benda yang digantung bergerak dan dapat mengalihkan perhatian.

“Ketika mobil bergerak pasti aksesori yang digantung itu bergerak, atau bahkan menimbulkan suara. Hal itulah yang dapat memecahkan konsentrasi saat mengemudi,” ujar Jusri kepada VIVA, Senin 17 September 2018.

Trik Menghapus Noda pada Kaca Spion

Menurutnya, dalam dunia safety driving, tak diperbolehkan adanya benda yang dapat mengganggu pandangan mata saat mengemudi. “Begitu juga meletakan kaca mata atau boneka-boneka di dasbor, karena benda-benda itu membuat distraksi,” tuturnya.

Hal senada turut disampaikan Senior Instruktur Indonesian Road Safety Agent, Poedyo Santosa. Dia mengatakan, sangat tidak boleh menggantungkan benda atau aksesori apapun di spion tengah. Karena dapat mempengaruhi padangan pengemudi saat berkendara.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

“Apalagi jika bergerak dan mudah lepas atau pecah pasti konsen pengemudi ke arah benda tersebut. Terutama saat di jalan tidak rata, di mana benda tersebut terombang ambing, di samping itu benda dapat melukai kaca depan jika terbentur,” kata Poedyo.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022