Oleskan Minyak Bayi di Wiper Mobil, Ini Efeknya

Wiper mobil. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA – Karet penghapus kaca depan, atau biasa disebut wiper jadi perangkat vital saat berkendara di tengah guyuran hujan. Sangat penting menjaga kelenturannya, karena kinerjanya tidak akan maksimal jika sudah getas.

Cara Bikin Wiper Mobil Awet Meski Sering Dijemur di Parkiran

Untuk menjaga kelenturannya, ada beberapa pemilik mobil yang mengoleskan karet dengan minyak bayi atau minyak zaitun.?

Service advisor bengkel resmi Honda, Ali mengatakan, bahan minyak memang bisa melunakkan karet yang mulai mengeras. Tapi, sifatnya hanya sementara. Karena, hingga saat ini belum ada cairan yang dapat mengembalikan elastisitas karet yang sudah kaku.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

"Kalau sudah keras, harusnya diganti. Tipsnya kalau mau awet, parkir mobil jangan di luar ruangan yang terkena sinar matahari. Karena, panasnya dapat merusak karet. Atau, diangkat wiper-nya kalau sedang parkir outdoor," ujarnya kepada VIVA di Jakarta, Senin 17 September 2018.

karet wiper mobil.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Sementara itu, Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi mengatakan, kebersihan kaca adalah faktor utama yang harus diperhatikan pemilik mobil.

"Pastikan kondisi kaca selalu bersih. Yang bikin karet wiper cepat rusak itu bila ada debu di kaca, kemudian langsung dibersihkan pakai wiper, bukan pakai lap atau kain terlebih dahulu," tuturnya.

Modifikasi wiper Honda Jazz yang bikin ketawa pengguna jalan

Pemilik Honda Jazz Ini Bikin Ngakak Orang Lain di Jalan Raya

Viral pengguna Honda Jazz ini jadi bahan tertawaan pengguna jalan gara-gara wiper di kaca belakang tidak dalam posisi yang benar, hal itu terlihat ketika dihidupkan.

img_title
VIVA.co.id
22 Agustus 2022