Jangan Anggap Remeh, Dua Hal Ini Bikin Cat Mobil Mudah Kusam

Pengerjaan detailing di Workshop MisterShine AutoSpa & Detailing Centre
Sumber :

VIVA – Mempunyai mobil dalam keadaan mulus atau tetap kinclong menjadi impian semua orang. Namun, hal itu tidak mudah. Banyak faktor yang dapat membuat warna cat pudar, seperti lap pembersih dan polusi udara.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Chef Executive Officer XTO Indonesia sebagai pakar detailing, Christopher Sebastian mengatakan, lap yang digunakan untuk mencuci bisa mengubah tampilan cat.

“Goresan halus dari lap yang digunakan saat mencuci mobil, membuat pernis tidak rata atau gelombang. Ketika terkena cahaya, pantulannya akan abstrak dan kilapnya tidak fokus, jadi kusam,” ujarnya di Jakarta, Rabu 19 September 2018.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Penyebab lainnya yakni jamur yang sudah menumpuk. Jamur bisa timbul bukan hanya dari air yang tersisa setelah pencucian, tapi karena mobil sudah terjemur matahari dan malamnya terkena embun, terutama yang sering diparkir di luar ruangan.

“Jamur juga bisa muncul karena efek polusi udara, karena udara mengandung minyak, solar, bensin, dan polusi dari air asin. Semua itu membuat warna cat turun cemerlangnya, terutama dari tingkat kecerahan,” tuturnya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Untuk mengembalikan warna cat kembali mengkilap, salah satu caranya menggunakan obat pengangkat jamur dan menggunakan kompon. Dia mengatakan, kompon hanya untuk meratakan pernis yang sudah gelombang, sehingga pantulan cahayanya menjadi maksimal lagi. (ase)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022