Gunakan Baju Gamis Saat Naik Motor, Perhatikan Hal Berikut

Ilustrasi hijabers naik motor sport.
Sumber :
  • onlykashmir

VIVA – Kasus kecelakaan sepeda motor karena menggunakan pakaian panjang sering kali terjadi. Hal tersebut biasanya menimpa seorang wanita, karena baju yang dikenakannya tersangkut di roda sepeda motor.

Pengguna Mobil Nyaris Jadi Korban Kejahatan, Warganet Fokus ke Penumpang Perempuan

Salah satu pakaian yang harus diperhatikan saat berkendara sepeda motor adalah gamis. Memiliki model panjang dan lebar, pakaian ini akan tertiup angin dan terbang tak terarah. Bahaya apabila gamis yang terbang tersangkut roda motor yang sedang melaju kencang.

Pengamat otomotif dari Institut Teknologi Bandung, Yannes Martinus, memberi imbauan kepada wanita yang hendak mengenakan gamis saat berada di atas motor.

Video Pengendara Motor Tertabrak Pikap, Terpental hingga Masuk Selokan

"Kalau harus mengenakan gamis panjang maka gunakan juga celana panjang sebagai lapisan dalam. Gulunglah sementara kain panjang di kaki agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan tanpa melanggar syariah," kata dia kepada VIVA, Minggu, 23 September 2018.

Kalau bisa, Yannes melanjutkan, pakailah pakaian tertutup lain berbentuk celana panjang. Dengan begitu lebih aman saat berkendara atau menjadi penumpang motor tanpa perlu repot memperhatikan kondisi pakaian. "Saran saya pakailah pakaian Muslimah yang bagian bawahnya tidak panjang menjuntai saat menggunakan sepeda motor," jelasnya.

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5
Ilustrasi pengendara sepeda motor

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Baru-baru ini terjadi di media sosial, sebuah video di media sosial memperlihatkan pengendara motor menabrak sebuah mobil pikap hingga terjungkal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024