Bagian Mobil Ini Jarang Dibersihkan, Padahal Enggak Susah

setir mobil. Ilustrasi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA – Kebanyakan mobil-mobil baru sudah dilengkapi dengan beragam fitur pada setir kemudi. Karena sering mendapat sentuhan, setir mobil kerap kali mudah kotor. Hal ini tentu bisa mengurangi kenyamanan pengemudi. 

Kenali Teknik Memutar Setir Mobil yang Benar

Oleh karena itu, tak ada salahnya jika setir kemudi tetap bersih. Yakni dengan rutin membersihkan piranti tersebut. Namun harus diketahui dulu sebelumnya perihal bahan material yang digunakan, baik vynil dan berbahan kulit. 

Seperti yang dilansir dari laman resmi Asuransi Astra, Rabu 26 September 2018, perawatan setir kemudi berbahan vinyl atau plastik berbeda dengan yang kulit. Bila bahan lingkar setir berbahan vynil gunakan pembersih plastik. 

Viral Mobil dari Jakarta Jalan-jalan Di China Jadi Sorotan, Kok Bisa?

Bisa juga gunakan air atau shampoo, disarankan komposisi cairan tidak terlalu kental. Caranya semprotkan cairan pembersih secara merata ke pembungkus setir dan diamkan beberapa menit.

Lalu gosok dengan kain lap bersih agar tidak mudah rusak, bila kotoran susah mengangkat gunakan sikat gigi dan keringkan dengan kain lap bersih. 

Setir Mobil Pakai Satu Kaki dan Tangan, Keisya Levronka Tuai Sorotan: Bukan Contoh yang Baik!

Untuk setir berbalut bahan kulit, gunakan pembersih khusus bahan kulit. Tapi juga dapat dibersihkan dengan air hangat yang dicampur dengan shampoo. Kemudian isi cairan pembersih ke dalam botol sprayer. 

Langkahnya, hilangkan debu menggunakan kuas atau lap kering. Semprotkan pembersih ke seluruh permukaan dan diamkan beberapa menit. Bila noda membandel, gosok dengan sikat gigi secara lembut lalu bersihkan dengan lap bersih dan tunggu sampai kering.

Untuk menjaga kelembaban, pemilik bisa menggunakan bahan conditioner ke setir dengan balutan bahan kulit. Bila setir terdapat tombol-tombol di tengah gunakan kain lap basah yang telah diperas kering.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya