Awas, Kesalahan Sederhana Ini Bikin Motor Cepat Rusak

Pengendara motor. Ilustrasi.
Sumber :
  • www.autoevolution.com

VIVA – Melakukan perawatan rutin pada kendaraan roda dua, merupakan salah satu langkah yang perlu diperhatikan pemilik motor. Jangan sampai kendaraan yang digunakan justru membuat repot, lantaran mendadak mogok saat digunakan.

Merinding! Detik-detik Bayangan Pocong Muncul saat Pengendara Motor Lintasi PLTU Paiton, Probolinggo

Selain lalai dalam hal perawatan rutin, ada beberapa kesalahan sederhana yang sering dilakukan pemilik dan menjadi penyebab motor lebih cepat rusak.

Ada beberapa perangkat kendaraan  berukuran kecil, namun sangat berperan besar bagi sepeda motor. Jika rusak, dipastikan mesin motor tidak akan menyala.

Viral Pengendara Motor Diseruduk Mobil karena Hal Ini

Berikut hal-hal yang patut diperhatikan pemilik kendaraan, seperti yang disampaikan Kepala Mekanik Lancar Motor di Jakarta Barat, Chandra, kepada VIVA, Jumat 28 September 2018:

Seorang montir tengah melakukan servis sepeda motor.

Akibat Langgar Marka Jalan, Dua Pengendara Motor Adu Banteng
  1. Waktu starter motor, tuas gas dibuka terlalu besar. Kebiasaan tersebut dapat membuat mesin motor menjadi lebih sulit hidup, karena udara banyak masuk ke mesin.
  1. Membuka gas terlalu besar saat memacu kendaraan di gigi satu. Ini dapat menyebabkan motor tersentak saat hendak melaju. Sebaiknya, pengendara motor dapat lebih halus saat memutar tuas gas.
  1. Beban motor terlalu berat. Menggunakan motor dengan penumpang berlebih atau bonceng tiga, serta beban yang terlalu berat, membuat kerja mesin motor lebih besar. Beban pada pelek dan shockbreaker juga dapat memperpendek umur kedua komponen.
  1. Pedal rem selalu diinjak. Kebiasaan tersebut dapat mengakibatkan mesin dan kopling bekerja lebih keras. Jika hal tersebut terus dilakukan, akan terjadi selip di antara pelat kopling, sehingga motor menjadi tidak bertenaga dan kopling lebih cepat aus.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya