Cara Selamatkan Nyawa Jika Berada di Mobil saat Gempa

Ilustrasi. Mengemudi.
Sumber :
  • kusukkasak.com

VIVA – Gempa merupakan kejadian yang tak dapat diterka siapapun, kapan akan terjadi. Maka itu, risiko buruk dapat terjadi di mana saja, baik di dalam gedung, di dalam rumah, atau bahkan di dalam kendaraan sekalipun.

Geger Video Patung Liberty Berguncang Akibat Gempa, Sehari Setelah Petir Menyambar Obornya

Lalu bagaimana bila gempa terjadi pada saat kita tengah berkendara? Kondisi ini menjadi penting bagi para pemilik kendaraan yang acapkali berada di balik kemudi.

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu mengatakan, jika posisi kendaraan di dalam parkir basement, lebih baik tinggalkan saja. Begitu juga saat berada di jalan raya yang posisinya di bawah flyover.

137 Pesawat Batal Terbang Imbas Erupsi Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Akhirnya Kembali Dibuka

“Kalau kondisinya di jalan raya yang memang berpeluang besar untuk bergerak dan kecepatan tinggi masih bisa diraih, gunakan kendaraan untuk menuju area terbuka yang tidak ada bangunan,” ujarnya kepada VIVA, Sabtu 29 September 2018.

Sambung dia, hal itu tidak berlaku bila gempa dirasakan besar. Karena akan membuat laju kendaraan menjadi tak stabil dan dikhawatirkan ada aspal retak. Jika demikian, ada baiknya segera menepi dan jangan panik agar tidak terjadi tabrakan beruntun.

Beredar Info Pulau Tagulandang Tenggelam akibat Erupsi Gunung Ruang, Begini Kata Badan Geologi

Hal senada disampaikan Training Director Indonesian Road Safety Agent (IRSA), Poedyo Santosa. Dia mengatakan, kalau gempa benar-benar besar jangan lanjutkan perjalanan. Sementara kalau gempa dirasakan rendah, kurangi kecepatan, kemudian ambil jalur ke kiri dengan perlahan.

"Menepi jangan rem mendadak, takutnya karena panik terjadi kecelakaan pengendara di belakangnya. Jika terjadi gempa skala besar pengendara motor atau mobil bisa berhenti di area lapang, jangan di bawah pohon, tiang listrik atau kolong jembatan,” katanya.

Patung Liberty

Top Trending: Kiai Rela Serahkan Istrinya ke Oknum Habib Hingga Patung Liberty Berguncang

Berita terpopuler pada kanal Trending terdapat berita heboh pengakuan Gus Ubad Aminullah Kiai di Cianjur yang rela serahkan istrinya ke oknum habib

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024