Mahalnya Biaya Perbaikan Mobil Terendam Air Laut

Kerusakan akibat gempa dan tsunami di sekitar pesisir pantai jalan Raja Moili Palu Timur, Palu
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zainuddin Mn

VIVA – Musibah tentu bisa datang kapan, di mana, dan kepada siapa saja. Termasuk yang belum lama ini menyapa Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Selain korban jiwa, banyak kendaraan terkena dampak akibat tsunami besar tersebut.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Menurut Didi Ahadi, Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, jika mobil terendam air laut karena bencana alam seperti tsunami, hal pertama yang harus dilakukan adalah periksa kondisi mobil tersebut. Kalau masih memungkinkan untuk diperbaiki, segera bawa ke bengkel.

Tetapi ada yang patut untuk diperhatikan. Kendati starter mobil masih bisa hidup, jangan sekali-kali coba menyalakannya. Sebab jika mobil menyala setelah terendam air asin, efeknya akan merusak mesin.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

“Jangan pernah coba hidupkan mobil, karena akan terjadi water hammer, banyak air asin yang masuk ke dalam mesin, sudah tercampur oli,” ujarnya kepada VIVA, Senin 1 Oktober 2018.

Dia mengatakan, sangat menungkinkan mobil dapat menyala kembali setelah terendam air, jika sistem kelistrikan masih merangsang starter. Tapi jangan lakukan, sebab selain water hammer akan terjadi korselting pada sistem kelistrikan jika mobil dipaksa menyala.  

BMKG 'Tak Berkedip Mata' Pantau Potensi Tsunami Imbas Erupsi Gunung Ruang

Dia menganjurkan hal pertama yang harus dilakukan adalah membawanya ke bengkel dengan cara digendong melalui towing. “Cuci secara keseluruhan mobil untuk melunturkan air laut yang sudah menempel, setelah itu towing bawa ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh,” tuturnya.

“Biayanya kalau terendam semua, berarti sama saja beli mobil baru. Karena elektrikal dan ECU (engine control unit) mahal sekali kalau ganti, dan interior seperti airbag, sistem hiburan dan lain-lain juga mahal,” katanya.

Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

BMKG mengingatkan warga agar mewaspadai potensi terjadinya tsunami akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Kabupaten Sitaro, Sulut

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024