Jangan Panaskan Motor Terlalu Lama, Ini Alasannya

Ilustrasi pemudik menggunakan motor.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ardian

VIVA – Kebiasaan sederhana yang kerap dilakukan biker sebelum berangkat beraktivitas yakni memanaskan mesin sepeda motor sebelum digunakan. Umumnya, para pemilik sepeda motor memanaskan mesinnya antara lima sampai sepuluh menit.

Cara Mudah Mencegah Rantai Motor Lepas atau Cepat Putus

Namun, tak semua biker melakukan hal demikian. Ada saja biker yang langsung tancap gas karena sejumlah alasan. Mulai dari malas hingga terburu-buru. Lalu, pentingkah memanaskan motor sebelum digunakan?

Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, Rendra Kusuma, mengatakan motor saat ini sudah diatur untuk langsung digunakan tanpa perlu memanaskan terlebih dahulu. Kalau pun ingin dipanaskan sebaiknya tidak terlalu lama.

Motor Lama Tidak Dipakai Harus Cabut Aki? Ini Jawabannya

"Saat mau memanaskan motor jangan terlalu lama. Sekitar tiga menit dan maksimal lima menit. Karena motor zaman sekarang sudah didesain siap pakai," kata Rendra kepada VIVA, Sabtu, 6 Oktober 2018.

Saat disinggung alasannya, Rendra menjelaskan energi panas yang dihasilkan oleh lampu tidak terbawa angin. Hal itu dapat merusak lampu utama.

Transmisi Skuter Matik Getar, Coba Cek Dulu Komponen Ini

"Kalau terlalu lama dipanaskan dan motor dalam keadaan diam, kan, lampunya jadi makin panas karena tidak ada sirkulasi pendinginan. Nanti mika lampunya bisa meleleh," ujar Rendra.

Berkendara motor di musim hujan

6 Cara Mudah Merawat Motor saat Musim Hujan

Saat memasuki musim hujan seperti ini merawat motor menjadi lebih penting dan harus bisa mencegah agar tetap dalam kondisi prima.

img_title
VIVA.co.id
1 Oktober 2021