Fungsi Mata Kucing di Pintu Mobil, Banyak yang Belum Tahu

Mata kucing di pintu mobil.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Fitur-fitur yang dibuat pabrikan mobil tentu ada tujuannya, meski penampilannya sederhana. Seperti halnya mata kucing yang ada di pintu mobil bagian dalam. Mata kucing ini terbuat dari stiker yang cara kerjanya memantulkan cahaya seperti reflektor.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Bentuk fisiknya memang sederhana, mungkin bagi yang tidak tahu akan melepasnya karena dianggap stiker biasa. Padahal ketika mobil berhenti di pingir jalan, stiker ini jadi penanda kalau ada pengendara yang sedang membuka pintu.

Seperti yang disampaikan Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi. Dia mengatakan, stiker mata kucing berfungsi untuk keamanan pengendara saat membuka pintu di pinggir jalan.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

“Di Toyota, stiker itu ada mobil yang pintunya sliding door seperti Sienta, Voxy dan Alphard. Tujuannya untuk safety saat malam hari agar terlihat oleh kendaraan di belakangnya,” ujarnya kepada VIVA, Senin 8 Oktober 2018.

Sambung dia, untuk kelas premium seperti Camry, bukan mata kucing, melainkan ada lampu kecil. Jadi ketika pintu terbuka lampu tersebut akan menyala. Letaknya di bawah speaker.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Selain itu, kata dia, mata kucing juga berfungsi memberi tahu permukaan yang akan dipijak pengemudi atau penumpang saat turun dari mobil.

“Kalau pintu ditutup lampu itu mati, jadi lampu kecil itu menyala ketika kontak sudah on dan pintu terbuka. Fungsinya bisa juga sebagai penanda seperti stiker mata kucing,” katanya.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022