Masuk Mobil Jangan Langsung Hidupkan AC, Buka Dulu Kaca Setengah

Ilustrasi menyalakan AC mobil.
Sumber :
  • Driving.ca

VIVA – Parkir mobil di tempat terbuka bakal membuat suhu di dalam kabin jadi lebih tinggi daripada suhu luar kabin. Setelah mobil terpapar panas dalam waktu yang cukup lama, pemilik atau pengendara yang akan melanjutkan perjalanan pasti akan merasakan udara yang panas dan pengap di dalam mobil jika langsung menutup pintu mobilnya.

3 Kesalahan Menyalakan AC Mobil yang Bisa Merusak

Itu akibat dari udara panas yang masuk, maka air conditioner (AC) akan bekerja lebih keras karena harus mendinginkan suhu udara panas menjadi suhu udara yang dingin. Selain AC bekerja lebih keras, waktu yang diperlukan untuk mendinginkan suhu kabin juga akan lebih lama.

Sebenarnya ada cara paling efektif dan efisien mengurangi panas berlebihan pada kabin mobil Anda sebelum menghidupkan AC. Caranya dengan membuka setengah atau sepenuhnya kaca mobil beberapa saat setelah masuk mobil, agar uap panas di dalam mobil dapat keluar terlebih dahulu.

4 Cara Cepat Turunkan Suhu AC Mobil di Cuaca Panas

Untuk hasil yang lebih maksimal, jalankan mobil beberapa meter dalam kondisi kaca tetap terbuka agar udara panas dalam mobil benar-benar keluar. Setelah itu, Anda dapat menghidupkan AC setelah tidak merasa pengap karena udara panas.

Perlu diperhatikan saat membuka kaca penuh ini tentu dengan catatan tidak hujan dan tidak berdebu.
 
Setelah mobil dijalankan dan AC sudah dihidupkan, secara bertahap tutup kembali kaca bagian depan kiri dan kanan. Sementara biarkan kaca belakang dalam kondisi terbuka kurang-lebih 5 cm untuk mengeluarkan sisa-sisa uap panas yang masih tersisa di dalam mobil.

Ini Penyebab AC Mobil Enggak Dingin saat Cuaca Panas

Setelah dirasa sudah tidak ada uap panas lagi di dalam mobil, tutup semua kacanya dan anda dapat menikmati udara segar dari hembusan AC mobilnya.

VIVA Otomotif: Mobil parkir sembarangan ditabrak pemilik rumah.

Terpopuler Otomotif: Mobil Hitam Ditabrak Berkali-kali, Honda HR-V Kena Recall Lagi

Berita yang membahas mengenai mobil hitam ditabrak berkali-kali dan Honda HR-V kena recall lagi, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
30 September 2023