Belum Banyak yang Tahu, Atur Suspensi Bisa Pakai Uang Koin

Honda New CBR150R.
Sumber :
  • Astra Honda Motor

VIVA – PT Astra Honda Motor (AHM) resmi merilis Honda CBR150R terbarunya pada Oktober 2018 lalu. Motor itu dijual mulai Rp33,8 juta.

Begini Ciri-ciri Shockbreaker Sepeda Motor Rusak

Motor sport fairing bermesin 150cc ini juga memiliki pengaturan lima level pada suspensi depan dan belakang. Yang menarik, untuk penyetelan suspensi depannya ternyata bisa dilakukan hanya dengan uang koin.

Technical Service Division AHM, Endro Sutarno mengatakan, penyetelan suspensi depan modelnya seperti 'obeng minus (-)'. Sehingga bisa dilakukan dengan menggunakan uang. Terlebih dalam keadaan mendadak, semisal touring.

Ada yang Baru dari Mobil Listrik Neta V di Indonesia

"Jadi ketika di jalan konsumen enggak perlu pusing cari tolls, bisa pakai uang koin. Model suspensi Showa ini baru," ujarnya saat dihubungi.

Karena memiliki lima model penyetelan, lebih lanjut Endro menjelaskan, untuk mengatur ketinggian dan kerendahan suspensi wajib memposisikan garisnya sampai sejajar. Sebab pedomannya adalah garis harus sejajar, dan butuh diputar beberapa kali sampai garis ulirnya sejajar.

Honda CBR150R MotoGP Edition Resmi Mengaspal, Cek Spesifikasi dan Harganya

"Level lima kemungkinan jarang dipakai karena terlalu empuk. Semakin tinggi semakin empuk, nomor satu paling keras atau rigid. Kalau pengendara yang ingin kencang, posisi suspensi lebih baik kaku, tapi kalau untuk harian atau touring pasti pilih agak soft," tuturnya.

Maka itu, kata dia, pabrikan memposisikan setelan suspensi di tiga ulir. Artinya tidak keras dan tidak terlalu empuk juga. "Trek lurus jalanan rata lebih enak keras, ketika posisi nyaman harian di tiga," sambungnya.

Ilustrasi motor bekas

Skutik Matik Kuasai Pasar Mokas, Begini Nasib Motor Sport 150cc

Tren saat ini mulai berubah, banyak orang beralih menggunakan skutik matik dibandingkan motor sport karena beberapa alasan.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024